Polewali Mandar, Infosulbar.com – Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap peraturan pemanfaatan ruang laut, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Barat mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan dan Pengendalian Pemanfaatan Ruang Laut.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Abdul Gani, dan bertempat di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar, Kamis (4/7/2024).

Sosialisasi ini diikuti oleh 45 peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah dan Provinsi Sulawesi Barat.

Turut hadir perwakilan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Balai Pengelolaan Sumber Daya Laut dan Pesisir Makassar, Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara Resor Polewali Mandar, serta OPD terkait, camat, dan pelaku usaha.

H,. Ahmad Kilang, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Polewali Mandar, menekankan pentingnya sosialisasi ini untuk menciptakan persepsi yang sama terkait penyelenggaraan pemanfaatan ruang laut.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menyebarluaskan peraturan mengenai Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut sehingga pelaku kegiatan, baik dari pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat, dapat tertib administrasi perizinan,” ujarnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman mendalam terkait regulasi dan tata cara pemanfaatan ruang laut yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Mengingat ruang laut memiliki potensi besar, pengelolaannya harus dilakukan dengan bijak agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan ekosistem laut.

Abdul Gani, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Provinsi Sulawesi Barat, menyatakan bahwa sosialisasi ini memberikan informasi dan penjelasan rinci mengenai peraturan dan prosedur perizinan yang harus dipenuhi untuk memanfaatkan ruang laut secara legal dan berkelanjutan.

Diharapkan, setiap kegiatan di ruang laut dapat memberikan manfaat maksimal bagi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Sosialisasi ini merupakan langkah strategis dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya laut di Sulawesi Barat, sekaligus memastikan pengendalian yang efektif untuk menjaga keberlanjutan ekosistem laut.

Melalui sosialisasi ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat bersama Dinas Kelautan dan Perikanan KabupatenPolewali Mandar berharap dapat menciptakan sinergi antara berbagai pihak dalam menjaga dan  memanfaatkan ruang laut dengan bijaksana.

‘’Kami mengundang seluruh masyarakat dan pihak terkait untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini demi masa depan laut yang lebih baik.’’ Pungkas Gani

Partisipasi aktif dari berbagai pihak dalam acara ini menunjukkan komitmen bersama untuk mengelola ruang laut secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

 

(Infosulbar.comMul)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *