Gorontalo, Infosulbar.com – Anggota Komisi I DPRD Sulawesi Barat (Sulbar) H. Syahrir Hamdani dan Bonggalangi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dukcapil dan PMD Gorontalo). Senin, (1/7/2024).

Kunker terkait dengan layanan kependudukan terutama dalam menghadapi Pilkada serta program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil dan PMD Gorontalo.

Kunker tersebut diterima oleh Sekretaris Dinas Dukcapil dan PMD Gorontalo, Muhammad Ali Manoppo. Dalam pertemuan itu, Ia menjelaskan bahwa terkait dengan layanan kependudukan saat ini berjalan dengan baik, terutama administrasi dan layanan kependudukan, perekaman E-KTP dan KTP Digital.

“Hal ini dapat terlaksana karena sinergitas dan koordinasi dengan Dukcapil Kabupaten senantiasa dilaksanakan secara rutin dan ini menjadi bagian evaluasi dan monitoring pelaksanaan kegiatan di daerah,” kata Muhammad Ali Manoppo.

Terkait dengan program pemberdayaan masyarakat desa, juga menjadi perhatian terutama terhadap beberapa program prioritas seperti, lomba desa, profil desa, pendamping dana desa dan teknologi tepat guna. Serta pemberian bantuan khusus ke desa desa. Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga menyinggung mengenai peran Dinas Dukcapil dan PMD Gorontalo dalam penanganan stunting dan ketahanan pangan.

Hal yang menarik di akhir pertemuan adalah pihak Dinas Dukcapil dan PMD Gorontalo menjelaskan alasan Dinas Dukcapil dan PMD ini digabung tiga menjadi satu perangkat daerah, yang mengurusi duu urusan dan jawaban singkat dari Dinas Dukcapil dan PMD Gorontalo, bahwa selain karena efisiensi juga karena memang standar kelembagaaan belum menuhi syarat dan kedua bidang ini dianggap serumpun dan saling berhubungan.(*)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *