Mamuju, Infosulbar.com Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, mengungkapkan kekecewaannya yang mendalam atas ketidakhadiran anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Barat dalam acara penting peluncuran tahapan dan tagline pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Barat tahun 2024-2029.

Acara yang berlangsung pada Sabtu malam di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, ini seharusnya menjadi momen krusial untuk memastikan kelancaran proses Pilkada serentak di Sulbar. Sabtu, (8/6/2024)

“Acara ini sangat penting untuk launching pelaksanaan tahapan Pilkada serentak di Sulbar. Sayangnya tidak lengkap, Bawaslu-nya tidak ada yang hadir,” ujar Bahtiar dengan nada kecewa.

Bahtiar, yang selain menjabat sebagai Pj. Gubernur Sulbar juga bertugas sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menekankan pentingnya kehadiran Bawaslu dalam setiap tahapan Pemilu.

Menurutnya, suksesnya penyelenggaraan Pemilu sangat bergantung pada peran dua lembaga utama, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, dengan dukungan dari pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat.

“Saya akan laporkan ke Bawaslu Pusat. Saya sudah tanya ketua KPU apakah sudah diundang, dan katanya sudah, tapi tanpa keterangan lebih lanjut,” ungkapnya.

Gubernur Bahtiar juga menambahkan bahwa ia telah berkomunikasi dengan Bawaslu RI terkait absennya perwakilan Bawaslu Sulbar dalam acara tersebut.

Ia menegaskan pentingnya memahami etika sebagai penyelenggara negara dan meminta agar kejadian serupa tidak terulang.

“Menjadi penyelenggara negara harus paham etika. Saya kirim pesan keras dan tegas jangan lagi seperti ini. Seperti tidak ada koordinasi,” pungkasnya.

Ketidakhadiran Bawaslu dalam acara krusial ini menimbulkan pertanyaan mengenai koordinasi dan komitmen dalam pelaksanaan tahapan Pilkada di Sulbar.

Pj. Gubernur Bahtiar berharap agar semua pihak terkait dapat meningkatkan komunikasi dan kerja sama demi suksesnya pesta demokrasi di provinsi ini. pungkas

Dengan kehadiran seluruh elemen penting dalam setiap tahap persiapan, diharapkan proses Pilkada serentak 2024 di Sulbar dapat berjalan lancar dan demokratis, serta menghasilkan pemimpin yang kredibel dan amanah untuk memajukan provinsi Sulawesi Barat.

 

(Infosulbar.com/Mul)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *