Polewali Mandar, Infosulbar.com,– Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Polewali Mandar, di bawah pimpinan Kepala Dinas Arifuddin Muswel, telah melakukan verifikasi langsung terhadap kelompok nelayan yang akan menerima bantuan. Proses verifikasi ini telah berlangsung selama beberapa hari di berbagai kecamatan, termasuk Tinambung, Balanipa, Campalagian, Binuang, dan Polewali. Juma’at (21/6/2024)

Tim verifikasi dibagi menjadi dua, melibatkan Penyuluh Perikanan Lapangan (PPL) sesuai wilayah kerja masing-masing.

“Kami melibatkan PPL yang mendampingi dinas untuk melakukan verifikasi, karena PPL lebih tahu kondisi di wilayah kerjanya. Mereka selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat nelayan dan memahami kondisi lapangan,” ujar Arifuddin.

Bantuan yang akan diberikan berupa mesin katinting 9 PK, perahu, serta rumpon. Bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Arifuddin menekankan pentingnya menjaga dan tidak menyalahgunakan bantuan yang diterima, termasuk menjualnya.

“Hal ini penting untuk memastikan bahwa bantuan tersebut memberikan manfaat jangka panjang bagi kelompok nelayan dan mendorong peningkatan produktivitas mereka,” jelasnya.

Anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar, Rahmat Bahtiar, turut hadir dalam proses verifikasi tersebut.

Ia menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan usulan dari masyarakat nelayan saat reses pada tahun 2023 dan baru terealisasi Pada Tahuna Anggaran 2024.

“Ini usulan dari masyarakat nelayan yang menginginkan mesin dan perahu, karena perahu mereka sudah penuh tambalan atau bocor, dan mesinnya sering macet karena sudah tua,” ungkap Rahmat.

Bantuan mesin dan perahu ini diharapkan dapat membantu kelancaran operasional nelayan dalam menangkap ikan di perairan Polewali serta meningkatkan perekonomian mereka.

Dengan adanya bantuan ini, kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Polewali Mandar diharapkan dapat meningkat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal serta pembangunan sektor perikanan di daerah ini.

Lebih lanjut, Rahmat Bahtiar menyatakan bahwa selain program bantuan mesin dan perahu, Pemerintah melalui Dinas Kelautan Kabupaten Polewali Mandar juga akan menyalurkan bantuan berupa coolbox untuk kelompok pengolah ikan guna mendukung kegiatan pengolahan ikan bagi ibu-ibu nelayan di Polewali Mandar.

“Semoga dengan adanya bantuan ini dapat mengurangi beban masyarakat nelayan pesisir, dan nantinya dapat menjaga dan merawat bantuan yang akan diberikan,” Pungkas Rahmat.

Dengan langkah-langkah ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dan mendukung pembangunan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Rahmat Bahtiar diketahui merupakan anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar dari Komisi 4 dan anggota Badan Anggaran (Banggar), yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) Polewali dan Binuang.

Pada pemilihan legislatif 2024, Rahmat Bahtiar maju untuk berkompetisi ke tingkat Provinsi Sulawesi Barat dengan Partai Gerindra di dapil Polman A dan menjadi peraih suara terbesar di dapilnya.

 

(Infosulbar.com/Bas)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *