Polman, Infosulbar.com,– Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Barat menggelar sosialisasi pemanfaatan ruang laut di aula DKP Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Polman, H. Ahmad Kilang, didampingi oleh Kepala Bidang Tangkap DKP Provinsi Sulawesi Barat, Abdul Gani. Kamis, (4/7/2024)

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sulawesi Barat, Polres Polman, Penyuluh Perikanan Lapangan (PPL), beberapa camat, dan pemerhati nelayan.

Tujuan utama sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya pemanfaatan ruang laut yang berkelanjutan dan terintegrasi.

Dalam sambutannya, H. Ahmad Kilang menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait dalam menjaga dan mengelola sumber daya laut.

“Sinergi antar-pihak adalah kunci untuk mencapai pemanfaatan ruang laut yang optimal dan berkelanjutan,” ujarnya.

Abdul Gani menambahkan bahwa peran aktif semua pihak sangat diperlukan dalam menjaga kelestarian ekosistem laut dan mendukung kesejahteraan nelayan.

“Dengan adanya pemahaman yang baik mengenai regulasi dan tata ruang laut, kita bisa mengoptimalkan potensi laut tanpa merusak lingkungan,” katanya.

Para peserta tampak antusias mengikuti sosialisasi ini, mengingat banyaknya isu dan tantangan yang dihadapi dalam pemanfaatan ruang laut, seperti penangkapan ikan yang berlebihan dan pencemaran laut. Mereka berharap acara ini dapat menghasilkan solusi konkret untuk permasalahan tersebut.

Diharapkan melalui sosialisasi ini, berbagai pihak dapat lebih memahami peran dan tanggung jawab masing-masing dalam pemanfaatan ruang laut, serta mendorong terbentuknya kebijakan yang mendukung kelestarian sumber daya laut dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Acara ini menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya mewujudkan pemanfaatan ruang laut yang berkelanjutan dan berkeadilan di Sulawesi Barat.

 

(Infosulbar.com/Mul)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *