Tips Aman Menggunakan Facebook, Twitter, dan Media Sosial Lainnya

Ilustrasi (Google)

Blog
Typography

INFOSULBAR.COM - Mempunyai akun di sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, dan sosial media lainnya merupakan suatu hal yang menyenangkan sekaligus menggembirakan, karena memberikan berbagai macam manfaat, diantaranya adalah menemukan teman baru, menambah pengetahuan, dan media untuk mencari uang.

Namun demikian, dibalik berbagai macam manfaat tersebut, sosial media ibarat sebuah hutan rimba yang didalamnya terdapat hewan buas yang siap menerkam anda.

Sebagai contoh, untuk melakukan serangan cyber, salah satu tahap awal yang dilakukan oleh seorang hacker adalah dengan melakukan monitoring akun sosial media. Tahap ini dikenal dengan istilah Reconnaisance (information gathering). Jika anda menampilkan informasi yang bersifat sensitif dan pribada, tinggal menunggu waktu anda menjadi korban serangan cyber.

Oleh karena itu, INFOSULBAR.COM menyarankan anda untuk lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan sosial media, yaitu dengan melakukan beberapa tips sebagai berikut.

  1. Hindari menampilkan informasi yang bersifat sensitif dan pribadi. Jangan pernah menampilkan informasi pribadi dalam akun sosial media anda, seperti nomor telepon, tanggal lahir, status hubungan, nomor kartu kredit, dan data-data lainnya yang menurut anda bersifat pribadi. Informasi pribadi tersebut merupakan gerbang pembuka bagi penjahat cyber untuk mengetahui informasi-informasi penting anda lainnya
  2. Hindari berteman dengan orang yang tidak anda kenal. Memiliki teman hingga ribuan di sosial media bukan merupakan sesuatu yang membanggakan, justru bisa menjadi sesuatu yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, pastikan anda hanya berteman dengan teman-teman yang anda kenal baik sekaligus anda percayai.
  3. Berhenti update lokasi anda. Banyak tipe pengguna sosial media yang tidak segan-segan meng-update lokasi kapanpun dan dimanapun mereka berada. Kebiasaan ini sebenarnya berpotensi merugikan anda jika ada orang asing yang memiliki niat buruk. Hanya dengan melihat sosial media, orang asing bisa dengan mudah menemukan anda.
  4. Update foto seperlunya saja. Sebagian besar pengguna sosial media terkadang berlebihan dalam mengunggah foto. Salah satunya adalah mengunggah foto anak-anaknya. Kebiasaan ini jelas sangat berbahaya apabila anda berteman dengan orang-orang yang tidak begitu anda kenal, karena banyak pelaku kejahatan yang memanfaatkan sosial media untuk melakukan aksi kejahatan terhadap anak-anak.
  5. Berhenti unggah informasi yang berkaitan dengan anak-anak. Sama dengan tips sebelumnya, mengunggah informasi yang berkaitan dengan anak anda, seperti alamat sekolah anak, merupakan tindakan yang sangat ceroboh, karena bisa saja ada orang asing yang berniat jahat dengan memanfaatkan lokasi sekolah anak anda.
  6. Buat akun sosial media anda bersifat private dengan merubahnya di menu pengaturan.

(AD)