19
Thu, Oct
55 New Articles

Ombudsman Sulbar Panggil Kepala Sekretariat Bawaslu Sulbar

Hukum
Typography
Kepala Sekretariat Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu Sulawesi Barat), Idrus, memenuhi panggilan Ombudsman Ri perwakilan Sulawesi Barat, Senin (25/9/17).
 
Pemanggilan tersebut dilakukan Ombudsman, menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait dugaan maladministrasi penetapan Kepala Sekertariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di 6 Kabupaten se- Sulbar.
 
Dalam penjelasannya yang tertuang dalam Berita Acara Klarifikasi, Idrus membantah laporan tersebut.
 
Secara tegas, ia mengatakan sampai hari ini pihaknya belum membentuk atau menetapkan kepala sekertariat Panwaslu tingkat Kabupaten,
 
"Yang ada hanya koordinator Sekretariat, hal itu dilakukan beradasarkan Peraturan Sekertariat Jenderal Nomor 1 tahun 2017," kata Idrus.
Dalam pengangkatan koordinator sekertariat, Idrus mengaku, pihaknya telah menyurat ke Bupati masing-masing kabupaten agar difasilitasi tenaga ASN di kabupaten setempat untuk diperbantukan pada sekertariat panitia pengawas pemilu
 
"Adapun tujuan pembentukan koordinator sekertariat, untuk mempersiapkan berbagai keperluan, seperti lokasi kantor dan staf yang akan mengisi kesekretariatan," ucapnya.
 
Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar, menyarankan agar sebaiknya pihak kepala sekertariat Bawaslu Sulbar melakukan verifikasi ulang terkait penentuan koordiantor sekertariat panwas tingkat kabupaten, termasuk penetapan kepala sekertariat.
 
“Kami mengapresiasi responsif kepala sekertariat Bawaslu Sulbar yang merespon dengan baik dan antusias dalam penyelesaian pengaduan di kantor kami. Saya kira ini salah satu gambaran sikap yang harus dimiliki setiap pejabat publik,” ungkap Lukman Umar.
 
Ia berharap, proses penetapan koordinator sekertariat lebih profesional tanpa adanya unsur pelanggaran maladministrasi di dalamnya.
 
"Sebab tidak bisa dipungkiri dalam proses penetapan koordinator ini kami mengendus adanya unsur maladministrasi, dan kami berharap itu segera diperbaiki,” kunci Lukman. (Ashari)
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS