20
Sat, Jan
4 New Articles

Peringati Hari Tani, Puluhan Mahasiswa Demo di Polres Mamuju

Hukum
Typography

INFOSULBAR.COM, Mamuju — Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Petani menggelar aksi unjuk rasa di depan Polres Mamuju, Sabtu (24/09/16). Aksi ini digelar memperingati Hari Tani yang jatuh pada 24 September.

Mereka yang tergabung dalam gerakan ini di antaranya; Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Manakarra, Ikatan Pelajar Mahasiswa Mamuju Tengah (IPM-Mateng), Ikata Pelajar Mahasiswa Pitu Ulunna Salu (IPMAPUS) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Ilsam (BEM-STAI) Al-Azhary, Mamuju.

Massa aksi ini mulai bergerak dari perempatan lampu merah menuju kantor Polisi Resort (Polres) Mamuju.

Ada 3 poin tuntutan massa, di antaranya, penyelesaian konflik agraria yang terjadi di Mamuju Utara (Matra) dam Mamuju Tengah (Mateng), penentuan harga sawit dan minyak ditopang oleh Peraturan Daerah (Perda) yang mengikat harga internasional, dan penyelesaian pembangunan irigasi di beberapa wilayah yang belum terselesaikan.

"Tuntutan kami hari ini kami sampaikan untuk ditindak lanjuti, jangan eksekusi secara internal. Sebab banyak kasus yang ada di Sulbar khususnya di Matra dan Mateng terkait kasus agraria dan kasus irigas, ternyata bisa jadi kasusnya di 86 kan," tegas koordinator lapangan, Sopliadi.

Ia menilai, proses penegakan hukum di Polres Mamuju cenderung dianggap lamban dan kurang tegas. Beberapa kasus, kata dia, seperti sengketa lahan ataupun kasus agraria akhirnya menimbulkan konflik antara warga.

"Matra dan Mateng terjadi beberapa kali konflik agraria, ini karena proses penegakan hukum tidak tegas dalam menangani persoalan ini. Kita tak mau ada lagi persoalan yang menjadikan warga sebagai korban pertikaian," harapnya.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS