20
Fri, Oct
57 New Articles

21 Organisasi Ini Gelar Aksi Solidaritas untuk Salim Kancil

Hukum
Typography
Infosulbar.com--Sebanyak 21 Organisasi Kepemudaan (OKP) tang tergabung dalam Aliansi Pemuda Sulbar menggelar aksi solidaritas terkait pembunuhan Salim Kancil, korban tewas yang menolak penambangan ilegal pasir besi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
 
21 OKP yang menggelar aksi, Rabu (30/9) ini, di antaranya PMII Mamuju, FPPI, HMI, GMNI, IMM, Ipmapus Mamuju, FPPS, KPA Papas, MPA STIE, LISAN, Manakarra Progresif, BEM UNIKA, BEM Poltekkes, BEM STIE, MAPER, PKC PMII Sulbar, KOMKAR, MPA Klorofil, IPM Polman, FKPMM Majene dan Pembebasan.
 
Massa yang terdiri dari pemuda dan mahasiswa ini memulai aksinya di perempatan lampu merah Jalan Achmad Kirang, Mamuju. Setelah berorasi secara bergantian, massa menuju Kantor Badan Pertanahan (BPN) Mamuju. Di kantor BPN, massa meminta agar pihak BPN menemui mahasiswa terkait sejumlah tuntutan.
 
Setelah itu, massa bertolak ke Kantor Kepolisian Resor (Polres) Mamuju. Di sana, massa ditemui oleh Wakil Kapolres Mamuju, Kompol Andri. Dari Polres Mamuju, massa menuju kantor Gubernur Sulbar dan Kantor DPRD Sulbar.
 
Koordinator Aksi, Ali Akbar dalam orasinya menegaskan kecaman terhadap prilaku brutal yang dilakukan oleh sekelompok orang yang menyiksa Salim Kancil hingga tewas, dan Tonsan.
 
"Hari ini, kami sengaja turun ke jalan, sebagai bentuk solidaritas yang menyebabkan aktivis sosial, Salim Kancil yang terbunuh. Peristiwa itu adalah asli pembunuhan berencana. Sebelumnya, aktivis meminta perlindungan kepada aparat, namun tidak disikapi. Dan akhirnya cenderung dibiarkan sampai meninggal," tegas Ali Akbar.
 
Aktivis PMII Mamuju ini meminta pihak Polres Mamuju agar kejadian di Lumajan tidak terjadi di Mamuju. Polisi juga diminta tetap melindungi rakyat kecil dari sejumlah persoalan yang berkaitan dengan sengketa lahan dan penambangan.
 
"Kita ingin mengingatkan Kepolisian, agar hal ini tidak terjadi di Mamuju. Jangan sampai, Polisi hanya mampu menangkap rakyat-rakyat kecil. Perlu diingat, bahwa banyak potensi, yang dapat menyebabkan kejadian Lumajan terjadi di daerah ini, akibat dari kasus sengketa lahan dan juga pertambangan," kata Ali Akbar.
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS