18
Fri, Aug
17 New Articles

Asri Anas Bicara Periodisasi Pimpinan DPD

Nasional
Typography

Infosulbar.com--Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengurangi periode masa jabatan pimpinan Dewan dan pimpinan alat kelengkapan DPD dari lima tahun menjadi dua tahu nenam bulan.

 

Keputusan itu termaktub dalam Tata Tertib (Tatib) Perubahan DPD Nomor 1/2014 yang disepakati dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) TataTertib DPD.

 

Ketua Pansus Tatib DPD, Muhammad Asri Anas mengatakan, setiap pimpinan alat kelengkapan DPD bisa diganti setelah dievaluasi anggota ataupun masyarakat.

 

”Ini untuk menjawab kegelisahan anggota, khususnya dalam tindak lanjut aspirasi masyarakat terkait adanya ketidakpercayaan kepada pimpinan dan lain-lain,” katanya dalam konferensi pers di Gedung DPD RI, Rabu (20/1).

 

Menurut dia, periodisasi jabatan tidak melekat terhadap seseorang sebagai anggota DPD selama lima tahun, kecuali ada hal-hal yang menggugurkannya seperti mengundurkan diri, meninggal, dan sebagainya. Adapun yang melekat dan ada dalam sumpah itu merupakan keanggotaannya saja.

 

Senator asal Sulawesi Barat ini mengungkapkan, soal pergantian pimpinan DPD nantinya setelah dua tahun enam bulan akan diserahkan ke paripurna DPD seperti awal pertama DPD memilih pimpinan.

 

"Pada prinsipnya evaluasi terhadap pimpinan Dewan dan pimpinan alat kelengkapan itu untuk meningkatkan kinerja DPD, khususnya terkait legislasi, anggaran dan pengawasan," ujar Asri.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS