20
Sat, Jan
4 New Articles

Jokowi Tetapkan Polman dan Mateng Daerah Tertinggal

Nasional
Typography
Infosulbar.com--Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng)  sebagai daerah tertinggal di antara 6 Kabupaten lainnya di Sulawesi Barat.
 
Jokowi menetapkan Polman dan Mateng dari 122 kabupaten yang dinyatakan masih sebagai daerah tertinggal 2015-2019. 
 
Penetapan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (perpres) Nomor 131/2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015–2019. Perpres itu ditandatangani pada (4/11/2015) lalu, seperti tertuang dalam situs Setkab, Kamis (10/12/2015).
 
Dalam Perpres disebutkan, daerah tertinggal yakni daerah kabupaten yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional.
 
Suatu daerah ditetapkan sebagai daerah tertinggal berdasarkan kriteria: 
 
a. perekonomian masyarakat; 
b. sumber daya manusia; 
c. sarana dan prasarana; 
d. kemampuan keuangan daerah; 
e. aksesibilitas; dan 
f. karakteristik daerah.
 
"Kriteria ketertinggalan sebagaimana dimaksud diukur berdasarkan indikator dan sub indikator. Ketentuan mengenai indikator dan sub indikator sebagaimana dimaksud diatur dengan peraturan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembangunan daerah tertinggal," bunyi pasal 2 ayat 2 dan 3 perpres tersebut.
 
Menurut perpres ini, pemerintah menetapkan daerah tertinggal setiap 5 tahun sekali secara nasional berdasarkan kriteria, indikator, dan sub indikator ketertinggalan daerah. Penetapan daerah tertinggal sebagaimana dimaksud dilakukan berdasarkan usulan menteri dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah.
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS