18
Sat, Nov
89 New Articles

Ini Bocoran Gaji Karyawan Perusahaan Telko Indonesia

Nasional
Typography

Jakarta - Di era digital, perusahaan yang bergerak di industri telekomunikasi (telko) menghadapi persaingan ketat. Tak hanya merebut pangsa pasar, tetapi juga dalam merekrut tenaga kerja terbaik.

Dari sisi tenaga kerja, industri telekomunikasi dipandang sebagai industri yang 'berkilau' dan berpotensi untuk terus berkembang. Selain itu, banyak pula orang memandang perusahaan telekomunikasi sebagai perusahaan yang memberikan gaji dan tunjangan yang menarik bagi para karyawannya.

Terkait dengan itu, Jobplanet.com merilis hasil analisis tingkat kepuasan karyawan perusahaan telekomunikasi di Indonesia terhadap gaji dan tunjangan mereka.

Dalam analisisnya kali ini, Jobplane mengambil sampel sepuluh perusahaan telekomunikasi yang telah mendapatkan review terbanyak dari para karyawan dan mantan karyawan mereka.

Kesepuluh perusahaan tersebut adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Ooredoo (Indosat), PT XL Axiata Tbk (XL), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), PT Telkom Akses, PT Huawei Tech Invesment (Huawei), PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Ericsson Indonesia (Ericsson), dan PT Supra Primatama Nusantara (Biznet).

Dari analisisnya, Jobplanet menemukan bahwa rating atau tingkat kepuasan karyawan Telkomsel, Ericsson, Telkom, XL, dan Biznet terhadap gaji dan tunjangan mereka berada di atas rata-rata tingkat kepuasan karyawan perusahaan telekomunikasi secara keseluruhan.

Hasil analisis ini disusun berdasarkan data yang terdapat dalam website Jobplanet hingga akhir Januari 2016, di mana data-data tersebut berasal langsung dari para karyawan dan mantan karyawan perusahaan, yang juga merupakan pengguna Jobplanet.

Hingga akhir Januari lalu, total konten yang dimiliki oleh kesepuluh perusahaan telekomunikasi tersebut telah mencapai lebih dari 4.000 konten, meliputi review perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan wawancara.

Dari keseluruhan konten tersebut, sekitar 2.200 di antaranya merupakan informasi gaji yang berasal dari para karyawan dan mantan karyawan perusahaan.

Dalam menganalisis gaji, platform komunitas berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan ini mengelompokkan karyawan perusahaan telekomunikasi berdasarkan posisi mereka di perusahaan, yakni level staf dan manajer, serta bidang pekerjaan mereka, yakni teknis dan non-teknis.

Profesi di bidang teknis, misalnya berhubungan dengan TI (teknologi informasi) dan R&D (riset dan pengembangan). Sementara profesi di bidang non-teknis, misalnya berhubungan dengan marketing, sales, dan desain.

Perbandingan gaji di bidang teknis dan non-teknis

Menurut data yang dirangkum oleh Jobplanet, rata-rata gaji staf teknis di perusahaan telekomunikasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi, berada di kisaran Rp 4,1 juta Rp 7,6 juta.

Sementara rata-rata gaji staf non-teknis di perusahaan telekomunikasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi, berada di kisaran Rp 3 juta Rp 8,2 juta.

Sementara itu, rata-rata gaji manajer teknis di perusahaan telekomunikasi berada di kisaran Rp 10,3 juta Rp 20,75 juta dan rata-rata gaji manajer non-teknis di perusahaan telekomunikasi berada di kisaran Rp 9,75 juta Rp 22,6 juta.

Sebagai gambaran, Jobplanet mengambil contoh gaji rata-rata staf TI di tiga perusahaan operator terbesar di Tanah Air, yakni Telkomsel, XL, dan Indosat. Rata-rata gaji staf TI di Telkomsel adalah Rp 4,7 juta. Sementara rata-rata gaji staf TI di XL Rp 5,1 juta dan di Indosat Rp 4,1 juta.

Di bidang non-teknis, Jobplanet mengambil contoh gaji rata-rata staf Marketing di tiga perusahaan yang sama. Rata-rata gaji staf Marketing di Telkomsel adalah Rp 4 juta, sedangkan rata-rata gaji staf Marketing di XL adalah Rp 5 juta dan di Indosat Rp 4 juta.(detik.com)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS