18
Fri, Aug
17 New Articles

Rakyat Iran Sambut Gembira Kesepakatan Nuklir

Rakyat Iran menyambut gembira kesepakatan nuklir (Foto: Reuters/Tima)

Dunia
Typography

Infosulbarcom, Internasional - Rakyat Iran menyambut dengan gegap gempita tercapaianya kesepakatan nuklir Iran denga enam negara adidaya. Perayaan tersebut dilakukan dengan aksi turun ke jalan-jalan ibukota sambil menari gembira.

Seperti yang dilansir reuters, masyarakat Iran mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat sedang merayakan kesepakatan bersejarah tersebut dengan memnuhi jalan dan tempat-tempat publik di ibukota Iran.

Perayaan tersebut dilakukan dalam bentuk konvoi mobil sambil menyalakan suara musik dengan suara yang keras. Sementara pemuda-pemudi Iran membunyikan alat musik Afrika yang disebut dengan vuvuzela di sepanjang jalan ibukota.

Mereka terlihat sangat senang dengan keputusan Wina tersebut. β€œIni adalah sebuah permulaan bagi warga Iran untuk berinteraksi dengan orang-orang di Negara lainnya,” ujar seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di distrik Ishafan, Bashar Ghorbani

Ibu tersebut juga menambahkan bahwa keputusan ini ibarat sebuah akhir dari tirani yang selama ini membelenggu Iran.

Kesepakatan tersebut memang pantas dilakukan oleh warga Iran, pasalnya kesepakatan itu menyebabkan berbagai sanksi ekonomi internasional yang selama ini menjerat Iran, secara otomatis akan dilakukan pencabutan sehingga berdampak positif pada perkembangan ekonomi Iran.

Tak hanya warga Iran yang gembira dengan kesepakatan itu, masyarakat internasional juga menganggap bahwa kesepakatan itu adalah sebuah lembaran baru untuk menuju perdamaian dunia yang lebih baik (AD)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS