27
Tue, Jun
34 New Articles

Pertumbuhan Ekonomi di Sulbar Alami Tren Penurunan

Ilustrasi/Google

Ekonomi
Typography

INFOSULBAR.COM - Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Barat dalam beberapa tahun terakhir ini ternyata mengalami tren penurunan yang cukup signifikan. Hal ini terungkap dalam sebuah seminar yang bertemakan “Investasi dan Peluang Bisnis di Sulawesi Barat”.

Menurut data yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Barat, setiap tahunnya terjadi tren penurunan angka pertumbuhan ekonomi di Prov. Sulbar

“Tren penurunan angka pertumbuhan ekonomi ini disebabkan oleh rendahnya arus investasi dan inovasi yang berdampak pada terhambatnya perkembangan industri kreatif di Prov. Sulbar. Selain itu, rendahnya pemasukan daerah melalui APBD diperkirakan tidak mampu memicu pertumbuhan ekonomi Prov. Sulbar,” kata Asep Budi Brata di Ruang Pertemuan Multifungsi Hotel d’Maleo Mamuju, Rabu (25/05/2016).

“Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan percepatan roda pembangunan dengan memanfaatkan sinergitas dan koordinasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah Prov. Sulbar,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh. Ia mengatakan bahwa perlambatan ekonomi di Prov. Sulbar disebabkan oleh banyak faktor, yaitu eterbatasan investasi, minimnya ketersediaan infrastruktur penunjang kegiatan ekonomi, dan predikat Prov. Sulbar sebagai provinsi baru yang dinilai sebagai provinsi tertinggal dan terbelakang. Selain itu, menurutnya, kualitas SDM di Sulbar yang masih rendah juga menjadi penyebab terjadinya perlambatan ekonomi.

“Saya menilai kualitas SDM di Prov. Sulbar belum cukup berkualitas untuk bersinergi menunjang kemajuan daerah,” kata Anwar.

Dalam presentasinya di seminar tersebut, Anwar juga menyampaikan solusi untuk mengatasi permasalahan perlambatan ekonomi di Sulbar.

“Untuk membenahi ketertinggalan Prov. Sulbar, maka diperlukan upaya percepatan pembangunan infrastruktur, perbaikan birokrasi melalui transparansi informasi ke publik dan perbaikan regulasi, dan memaksimalkan peran Perwakilan Bank Indonesia di Prov. Sulbar dalam upaya mendorong bank penyedia modal untuk memberikan pinjaman modal bagi pengusaha di Prov. Sulbar,” ujar Anwar.

Sementara itu, menurut Kepala Ekonom BCA, David Sumual, perlambatan ekonomi Global berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kondisi ini akhirnya juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulawesi Barat.

"Jika mencermati data pertumbuhan ekonomi Prov. Sulbar, terlihat adanya tren perlambatan ekonomi yang disebabkan pergeseran hasil komoditas perkebunan yang tidak mempengaruhi peningkatan hasil komoditas lainnya," kata David (AD)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS