20
Fri, Oct
57 New Articles

Diskoperindag Sulbar Genjot Industri UKM

Ekonomi
Typography
Infosulbar.com--Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) dan UKM Sulawesi Barat, telah melatih 1.000 pelaku usaha kecil menegah (UKM) program unggulan daerah melalui zona industri pedesaan. Dan, industri keripik pisang merupakan salah satu hasil dari binaan program tersebut.
 
Kepala Diskoperindag dan UKM Sulawesi Barat, Suarnati, saat memperlihatkan sampel kripik pisang kepada wartawan mengatakan, sampel tersebut merupakan hasil industri rumah tangga masyarakat yang masih sederhana.
 
“Selanjutnya tugas Diskoperindag dan UKM untuk membina agar produk olahan ini bisa berdaya saing, terkhususnya di masyarakat ekonomi asean, termasuk pemberian label untuk legalitas produk serta kemasan,” kata Suarnati, Senin (15/02).
 
Suarnati menambahkan, pemberian legalitas produk usaha kecil menegah telah diatur dalam peraturan presiden nomor 98 Tahun 2014 tentang pemberian izin usaha mikro kepada masyarakat, serta diikuti dengan keputusan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 38 Tahun 2014 tentang pendelegasian kewenangan penerbitan izin usaha yang dilimpahkan kepada camat.
 
“Untuk menindaklanjuti itu, dalam waktu dekat Diskoperindag dan UKM Sulbar akan melakukan rapat koordinasi dengan camat terkait hal tersebut,” ucapnya.
 
Tindakan ini juga, lanjut Suarnati, dianggap sebagai usaha untuk mempermudah pelaku usaha mikro dalam mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), yang kebanyakan digunakan pelaku usaha untuk mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan. (MS/Ed:Ashari).
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS