18
Sat, Nov
89 New Articles

Woow.. Ini Jumlah Pengangguran di Sulbar

Ekonomi Pembangunan
Typography
INFOSULBAR.COM, Mamuju — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat merilis jumlah penduduk yang sedang menganggur pada bulan Agustus 2017 sebanyak 19,7 ribu orang.
 
Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPS Sulbar, Suntono, saat menggelar konferensi pers di kantornya, Senin (6/11/17) kemarin.
 
Ia mengurai, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Sulawesi Barat, mencapai 3,21 persen
 
“TPT adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat penawaran tenaga kerja, yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja. Namun, TPT ini agak menurun 3,33 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya,” urai Suntono.
 
TPT di perkotaan, lanjut Suntono, cenderung lebih tinggi dibanding di pedesaan. 
 
Meski demikian, TPT di kota tetap mengalami penurunan 0,94 poin dibandingkan tahun lalu. Sedangkan TPT pedesaan naik sebesar 0,17 poin.
 
“TPT di perkotaan masih tinggi, itu mencapai 4,46 persen. Sedangkan TPT di Pedesaan hanya 2,89 persen,”sebutnya.
 
Penduduk Sulbar yang bekerja berdasarkan tingkat pendidikan masih didominasi pekerja berpendidikan rendah, SLTP kebawah, sebanyak 406,8 ribu atau sekitar 68,37 persen.
 
Adapun penduduk yang bekerja menurut lapangan usaha, masih didominasi sektor pertanian sebagai penyerap terbesar tenaga kerja di Sulawesi Barat. Angkanya mencapai 300 ribu orang atau 50,41 persen.
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS