27
Tue, Jun
34 New Articles

INFOSULBAR.COM, Mamuju — Jelang berakhirnya ramadan, Pusat Informasi Konseling (PIK) Galeri Kalubibing bersama remaja Masjid Nurul Qamariah Kalubibing/Talibu, masih sibuk melalukan kegiatan. 
 
Kali ini aksi sosial berupa bagi-bagi takjil kepada para pengguna jalan dan pembagian paket Lebaran dilakukan oleh para pemuda ini. 
 
Kegiatannya dipusatkan di sepanjang jalan poros Mamuju-Kalukku KM 5. Pembagian melibatkan seluruh remaja dengan berpakaian putih muslim/muslimah.
 
"Kebetulan ini masih dalam rangkaian kegiatan beduk ramadan Genre 2017. Jadi masih ada Infaq dari beberapa pihak, maka inilah yang kami kelolah" ujar Ketua PIK Galeri Kalubibing, Tamin, Rabu 21 Juni 2017.
 
Tamin mengatakan bulan ramadan memang menajdi kesempatan bagi siapapun untuk mendapatkan pahala dari Allah SWAT melalui sedekah. Meskipun hanya membagikan takjil agar para pengendara bisa merasakan kegembiraan dan keberkahan ramadhan tahun ini.
 
"Kami senang bisa berbagi kepada pengendara. Siapa tau ada yang tak sempat sampai ke rumah dengan takjil inilah mereka berbuka," kata Tamin.
 
Untuk pembagian paket lebaran diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu. Paket lebaran tersebut diperoleh dari para donatur yang telah menyumbangkan infaqnya, baik berupa uang ataupun barang melalui PiK Galeri Kalubibing 
 
"Tentu ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang kurang mampu. Apalagi jelang lebaran. Paket lebaran ini dikhususkan pemberian kebutuhan pokok," ucap Wakil Ketua PIK Galeri Kalubibing, Ihsan Al Mandari.
 
Ihsan menambahkan, PIK Galeri ingin melibatkan seluruh remaja agar sibuk beraktifitas positif dan tidak ada ruang untuk hal-hal yang negatif, mengingat kenakalan remaja saat ini marak terjadi.
 
Selain itu, dengan adanya kegiatan bagi-bagi takjil dan pembagian paket lebaran diharapkan dapat menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian generasi muda, khususnya di Kalubibing, agar peka terhadap orang yang membutuhkan.
 
"Selama ramadan 1438 Hijriah, remaja Kalubibing dikenal sibuk dan aktif melakukan aktifitas positif dan ibadah di bulan ramadan. Semoga bermanfaat bagi semua," pungkasnya.

INFOSULBAR.COM, Mamuju — Jajaran pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa Polewali Mandar (IPM-Polman) menggelar kegiatan bagi-bagi takjil, Rabu (21/6/17).
 
Kegiatan bertema "Takjil Berkah Ramadhan" ini dipusatkan di Pasar Baru Regional, Mamuju. Sasaran pembagian takjil buka puasa ini kepada sejumlah tukang ojek dan para pedagang kecil di seputar pasar tersebut.
 
"Tujuan dari kegiatan ini tentu yang utama adalah meningkan rasa syukur kita kepada Allah SWT Atas semua kenikmatan serta kesempatan untuk menjalani ibadah puasa tahun ini," kata Ketua IPM Polman, Muhammad Fadil kepada INFOSULBAR.COM.
 
Selain itu, menurut Fadil, pembagian takjil juga dalam rangka mempererat tali silaturahmi dalam keorganisasian maupun dalam bermasyarakat.
 
"Ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kepedulian antara sesama umat manusia. banyak masyarakat yang tentu merasa bahwa Ramadhan ini menjadi milik bersama, sehingga terjalin silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat kecil," harapnya.
 

INFOSULBAR.COM, Mamuju Pemerintah Kabupaten Mamuju akan melaksanakan sholat Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju.
 
Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, Sholat Id kali ini akan dilaksanakan bersama antara Pemerintah kabupaten Mamuju dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.
 
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kementerian Agama Kabupaten Mamuju, Dr. Misbahuddin menyampaikan, berdasarkan rapat yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulbar beberapa waktu lalu telah disepakati pelaksanaan Sholat Id dilaksanakan bersama di Anjungan pantai Manakarra.
 
"Kita sudah diundang Sekda Provinsi untuk bicarakan soal persiapan sholat Idul Fitri. Kesepakatannya kita Pemkab Mamuju dan Pemprov Sulbar akan bersama-sama sholat Id di anjungan Pantai Manakarra," kata Misbahuddin.
 
Misbahuddin menambahkan, yang bertindak sebagai Imam adalah Imam masjid Syuhada Mamuju dan khatib telah dipercayakan kepada dirinya.
 
"Untuk Khatibnya saya sendiri, Imamnya adalah Imam masjid Suada. Jadi, Pak Gubernur Sulbar akan bergabung melaksanakan Sholat Idul Fitri bersama Pemkab Mamuju. Juga akan hadir Wagub dan para pimpinan SKPD lingkup Pemprov Sulbar," sebutnya.
 
Direncanakan juga, kata Misbahuddin yang juga Kepala Bimas islam kanwil kemenag Sulbar ini, akan ada takbir keliling pada malam sebelum lebaran.
 
Disinggung mengenai isi khutbah Idul Fitri yang akan disampaikan, Ia mengaku akan mengulas seputar idul Fitri dan bagaimana mengingatkan kembali islam yang sejati kepada warga Muslim di Ibukota Sulawesi Barat ini.
 
"Kita saat ini kehilangan identitas, jadi seakan-akan Muslim ini kehilangan identitas, sehingga kita penting menyampaikan bagaimana menjadi Islam yang sejati. Itu kira-kira seputar isi khutbah yang akan saya sampaikan," terangnya.

More Articles ...