18
Sat, Nov
89 New Articles

Kajati Sulselbar Dianugrahi Gelar “To Mampingkarroang Katongangang” Oleh Maradika Mamuju

Daerah
Typography
INFOSULBAR.COM, Mamuju — Maradika (Raja Mamuju) H. Andi Maksum Dai menganugerahkan gelar kehormatan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulselbar, DR. Jan S Maringka, Senin (30/10) malam, di rumah adat Mamuju.
 
Gelar kehormatan yang diberikan kepada Kajati Sulselbar adalah "To Mampingkarroang Katongangang", dalam bahasa Indonesia "Seorang Penegak Kebanaran".
 
Gelar ini diberikan sesuai hasil musyawarah bersama lembaga adat Gala’gar pitu, yakni sebuah gelar adat yang diberikan atas dedikasih Kajati sebagai penegak hukum.
 
Maradika Mamuju berharap, pemberian gelar kehormatan adat ini menjadi motivasi bagi segenap elemen masyarakat untuk membangun kesadaran bersama dalam upaya mengejawantahkan nilai–nilai keadilan dan kebenaran.
 
Sementara itu, Bupati Mamuju H. Habsi Wahid mengungkapkan, penganugerahan gelar adat adalah bagian dari kekayaan kearifan lokal yang dapat dijadikan sebagai pilar keunggulan untuk mendorong kemajuan dan perekonomian Daerah melalui pengembangan wisata dan budaya.
 
"Sekaligus dapat memperkokoh perisai budaya bangsa di tengah–tengah gempuran budaya global, saat ini warisan budaya yang kaya ragam tersebut sebagai indentitas yang membanggakan, harus di pelihara, dibina dan ditumbuhkembangkan sebagai potensi modal sosial untuk menjadikan daerah ini maju, sejahtera dan ramah," ungkapnya.
 
Kajati Sulselbar Jan S Maringka mengungkapkan rasa terimakasih kepada maradika dan lembaga adat, serta pemerintah daerah kabupaten Mamuju.
 
Ia berharap, dengan gelar tersebut dirinya serta lembaga kejaksaan dapat dilihat sebagai bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Sulawesi Barat, khususnya di Mamuju.
 
"Sehingga kehadiran kejaksaan dapat dirasakan bermanfaat bagi masyarakat dan bersama–sama membangun Sulawesi Barat ini kearah yang lebih baik lagi," ucapnya.
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS